Awal dan pelanjutan ulang permainan (sepak bola)

Diposting pada

Yalla Shoot – Awal dan pelanjutan kembali permainan (Start plus Restart of Play) adalah sebuah aturan yang diterapkan dalam sepak bola untuk mengawali dan melanjutkan kembali pertandingan sesudah berlangsung gol, istirahat babak pertama, istirahat extra-time atau berlangsung insiden. Peraturan ini tercantum didalam hukum ke-8 LOTG dan diawasi oleh badan internasional IFAB.

Lemparan bola oleh wasit secara vertikal di antara dua pemain
Cara paling umum yang dijadikan penanda awal pertandingan sepak bola adalah tendangan awal (kick-off) di titik tengah lapangan sesudah dua kapten dan wasit utama pilih tim pertama yang mengawali pertandingan lewat sebuah undian koin. Sebelum pertandingan dimulai, ke dua tim wajib berada pada segi separuh lapangan masing-masing. Tanda pertandingan secara sah dimulai adalah tiupan panjang peluit dari wasit. Apabila selagi permainan berlangsung berlangsung insiden (pemain terkapar, kericuhan penonton atau hal lain) yang memicu penghentian pertandingan untuk sementara, maka wasit melanjutkan kembali pertandingan bersama dengan melempar bolasecara vertikal di antara dua pemain berasal dari ke dua tim yang bertanding.

Sebagai bentuk sportivitas, pemain dapat menendang bola terlihat lapangan pertandingan saat berlangsung insiden tanpa wajib tunggu aba-aba atau penghentian secara mendesak oleh wasit.

Sikap keolahragawanan
Sikap keolahragawanan atau sportivitas adalah nilai etis yang dijunjung sebagai prinsip bidang olahraga bagi tiap tiap atlet, olahragawan, pengadil dan anggota yang terlibat didalam bidang olahraga untuk mengacu pada tingkah laku penghormatan, pengakuan dan toleransi hak-hak sesama insan olahraga yang menciptakan persaingan positif tanpa kemauan merugikan pihak lain atau tanpa berlaku curang, baik didalam pertandingan ataupun di luar pertandingan.

Istilah lebih tenar adalah Fair play yang dipopulerkan pertama kali dalam King John karya William Shakespeare. Fair play (Sustainability) sama bersama dengan prinsip permainan sepak bola FIFA bersama dengan semboyan “My Game is Fair Play”

Bola masuk dan terlihat berasal dari area lapangan (sepak bola)
Bola masuk dan terlihat berasal dari area lapangan (Ball in play or out of play) adalah metode untuk pilih keadaan bola didalam sebuah pertandingan sepak bola. Aturan ini merupakan hukum ke-9 dalam LOTG.

Bola A, B plus C masih didalam permainan misalnya belum semuanya lewat garis. Bola D telah semuanya melampaui garis pembatas lapangan, maka bola tidak didalam permainan.
Bola didalam keadaan aktif (on play) berasal dari awal hingga akhir laga, jikalau saat bola telah semuanya meninggalkan lapangan selagi melintasi garis gawang atau garis didalam (termasuk saat gol); atau saat permainan dihentikan oleh wasit (misal saat sebuah pelanggaran terjadi, seorang pemain terluka parah, atau bola menjadi rusak).

Peraturan menyatakan pula bahwa bola masih didalam keadaan aktif saat terpental berasal dari objek tiang gawang, mistar gawang, sudut bendera, wasit atau asisten wasit, misalnya bola berikut masih berada di lapangan permainan sesudah terpental. Pergantian pemain tidak boleh dilakukan selagi permainan masih berlangsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *