Konsep Perumahan Islami di Indonesia

Diposting pada


Perumahan Islami Di Bogor – Apa itu perumahan islami? Beberapa dari Anda kemungkinan udah tak asing bersama dengan arti perumahan islami. Kata yang sering digunakan oleh sejumlah pengembang yang memasarkan produknya bersama dengan rencana agama.

Ya, tersedia sebagian style perumahan di Indonesia yang diklaim sebagai perumahan Islami. Namun, tahukah Anda apa maksudnya dan layaknya apa perumahan islami itu? Bila inginkan mengetahuinya, coba review ulasan selanjutnya ini.

Perumahan islami kini banyak dilirik sebagian pengembang gara-gara pangsa pasar yang memadai besar di Indonesia. Semua udah mengerti bahwa masyarakat Tanah Air mayoritas beragama Islam. Kondisi inilah yang menjadi trick jitu untuk menciptakan hunian khusus yang tawarkan kenyamanan dan energi tarik lain khas Indonesia.

Seperti namanya, perumahan islami tentu menekankan nilai-nilai dan rencana agama Islam di dalam pembangunannya. Konsep selanjutnya diwujudkan di dalam sistem pembangunan, bentuk bangunan, lingkungan sosial, transaksi jual beli, dan sebagainya.

2. Ciri-Ciri Rumah Islami

Pertanyaannya kemudian, sudahkah bentuk perumahan islami yang banyak ditawarkan pengembang itu mengikuti arahan agama? Untuk mengetahuinya sanggup dicermati dari tanda-tanda rumah islami, di antaranya:

Berlokasi Dekat Masjid atau Mushola
Ini sesuai bersama dengan sabda Nabi Muhammad SAW yang mengajak umatnya untuk menegakkan shalat berjamaah di masjid atau mushola. Kebiasaan baik yang diganjar bersama dengan pahala dan dihapus dosa-dosanya.
Dengan demikian, tentu terlalu menyenangkan andaikata rumah tinggal berada di dekat masjid atau mushola. Setiap saat sanggup mendengarkan adzan dan sanggup mengikuti kajian pengetahuan dan kegiatan sosial yang diadakan masjid. Hal ini semata untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Fungsional dan Syar’i
Memiliki rumah yang indah terlalu dianjurkan, namun akan makin jadi tambah manfaatnya andaikata rumah juga diterapkan fungsional dan syar’i. Misalnya pemanfaatan area dan perabotan sesuai keperluan dan tidak berlebihan.

Sementara syar’i sanggup dicermati dari bangunan rumah yang merawat aurat bagian keluarga, menentukan area untuk ibadah di rumah, kloset kamar mandi tidak menghadap ke kiblat atau membelakanginya, dan rencana rumah islami lainnya.

3. Minat Masyarakat terhadap Perumahan Islami

Sejak dikembangkan sebagian th. lalu, perumahan berkonsep islami punya peningkatan minat di kalangan masyarakat. Hal ini terlihat dari makin banyaknya pengembang yang tertarik membangun kompleks perumahan islami dan bank syariah yang makin diminati.

Beberapa bank konvensional yang udah punya nama besar bahkan punya cabang bank syariah untuk mengakomodir keperluan masyarakat. Misalnya sedia kan program KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) syariah, investasi syariah, dan sebagainya.

Jenis perumahan islami pun tak kalah beragamnya layaknya perumahan terhadap umumnya. Ada perumahan yang ditawarkan bersama dengan harga terjangkau di bawah Rp 500 juta, layaknya Perumahan Afara F1rst, Salma Park Residence, Cilap Cilebut, dan sebagainya. Ada juga perumahan islami yang menyasar kelas menengah ke atas layaknya Cluster Green Living dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *