Mengapa perlu menggunakan Pipa HDPE?

Diposting pada

Supplier Pipa HDPE – Ada banyak alasan mengapa Anda perlu menggunakan pipa yang satu ini. Salah satu alasannya adalah bahan yang digunakan pada pipa. Dengan bahan utama Polythylene pipa ini mampu bertahan lebih lama saat digunakan oleh Anda dirumah. Bahan tersebut cukup kuat bahkan jika terlindas oleh kendaraan besar karena pipa ini memiliki kerapatan yang cukup bagus dan biasanya digunakan untuk pipa air minum di Indonesia dan dunia. Ada banyak produsen pipa yang memproduksi pipa ini sehingga Anda tidak perlu khawatir. Namun, agar pipa ini bisa bertahan lebih lama, Anda juga perlu tahu teknik dalam pemasangan pipa karena teknik pemasangan akan mempengaruhi usia pipa.

Berkaitan dengan kualitas pipa ini, Anda bisa mencari berdasarkan harga yang ditawarkan. Salah satu pipa yang terbaik adalah pipa HDPE wavin yang mampu bertahan hingga 50 tahun lebih. Namun ukuran dan jenis pipa juga mempengaruhi harga dari pipa ini.

Pipa HDPE memiliki beberapa jenis varian tekanan atau biasa dikenal dengan PN (Pressure Nominal). Angka PN mengindikasikan kekuatan pipa pada tekanan dengan nominal tertentu. Misalnya, pipa PN-10 memiliki tingkat kekuatan hingga 10 Kg/Cm2. Begitu juga jenis PN lain: PN 6.3, PN 8, PN 12.5 dan PN16. Ketebalan dinding pipa dalam hal ini berperan dalam meningkatkan kualitas tekanan pipa. Pipa bertekanan (PN) tinggi memiliki tebal dinding lebih besar ketimbang pipa dengan nominal tekanan lebih rendah.

Selain itu, ada hal lain yang wajib Anda ketahui tentang Pipa HDPE yang dibuat dari bahan istimewa. Bahan HDPE dibuat dengan percabangan yang tidak banyak. Hal itu bisa terjadi karena disebabkan oleh pemilihan jenis katalis dalam produksi dan kondisi reaksinya. Katalis yang digunakan pada pipa ini adalah katalis Xiegler-Natta. Oleh karena percabangannya tidak banyak maka pipa ini memiliki kekuatan tensil dan gaya antar molekul yang cukup tinggi. Hal lain yang wajib Anda ketahui tentang pipa ini adalah kekerasan pipa. Pipa ini bisa dibilang cukup keras karena mampu bertahan pada temperatur hingga 120 derajat celcius (dalam waktu singkat). Oleh karena itu, pipa ini menjadi pilihan terbaik sebagai proyek instalasi baik air maupun gas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *